Rabu, 19 Mei 2010

Apa itu CDI pada Sepeda Motor ?


Tema pelajaran otomotif kali ini akan membahas mengenai CDI pada sepeda motor . Pasti masih sedikit dari Anda yang mengetahui tentang CDI sepeda motor , atau mungkin hanya mengetahui CDI sepeda motor ya untuk sistem pengapian sepeda motor . Dan pastinya Anda juga sering mendengar CDI Racing untuk sepeda motor , agar sepeda motor kita tambah kencang larinya . Banyak yang menawarkan CDI racing dengan berbagai macam merk yang ada di pasaran .Sebenarnya apa kalian benar - benar tau mengenai CDI pada sepeda motor ? Jangan sampai Anda asal - asalan dalam membeli CDI Racing sepeda motor ! Jangan - jangan hanya dengan bujuk rayu dari teman Anda yang telah memakai CDI tersebut , Anda jadi ikut - ikutan beli CDI Racing tersebut . Sementara Anda yakin sepeda motor Anda bertambah kencang dengan CDI Racing tersebut , tetapi kenyataannya - hanya perasaan Anda saja sepeda motor Anda bertambah kencang , tapi kenyataannya tidak ada sama sekali perubahan . Karena untuk cepat tidaknya sepeda motor Anda berlari ditentukan oleh banyak faktor , memang CDI sangat menentukan juga , tapi itu masih terkait dengan sistem lain pada sepeda motor Anda . Karena percuma saja CDI Anda bagus tapi tak didukung dengan karateristik mesin sepeda motor Anda yang sesuai dengan cara kerja dari CDI Racing tersebut .

Sebaiknya Anda tau dulu mengenai CDI pada sepeda motor . Apa sih sebenarnya CDI pada sepeda motor ?

Dulu Anda sering mendengar yang namanya platina , platina sekarang digantikan oleh CDI . Sebenarnya platina itu lebih baik daripada CDI , kenapa ? Karena pengapian untuk busi yang memakai platina lebih besar . Tapi pengapian platina ini tidak kuat pada rpm - rpm yang lebih tinggi , atau kemampaun pengapiannya akan menurun jika rpm mesin semakin tinggi dan pemakain platina yang sudah telah terlalu lama . Seperti Anda ketahui bahwa pengapian platina terbuat dari plat yang kerjanya membuka dan menutup , serta dilengkapi dengan per plat dari logam juga . Sebagaimana kita ketahui bahwa logam akan kehilangan elastisitasnya dan kekuatannya . Misalkan sepeda motor Anda melaju dengan kecepatan mesin mencapai 12.000 rpm , ini berarti gas anda kurang lebih sampai mentok . Jika 12.000 rpm maka platina Anda akan membuka / menutup sebanyak 6000 kali setiap menitnya . Bayangkan 6000 kali setiap menitnya ! Bagaimana jika Anda berjalan selama 1 jam , berarti platina Anda membuka /menutup sebanyak 360.000 kali selama 1 jam . Bayangkan apa yang terjadi dengan logam dari platina dan per plat platina tersebut ? Coba Anda bayangkan !

Berdasarkan kelemahan platina tersebut , maka diciptakan CDI . Semua pengaturan waktu pengapian dikontrol secara elekronik . Dan bagi komponen - komponen elektronik hal ini bukan suatu masalah untuk melakukan pekerjaan sebagai platina tersebut . Istilahnya daya tahan komponen - komponen elektronik untuk melakukan kerja seperti itu memang sudah kerjaannya ... ya kurang lebih seperti itu artinya . He he he .. Tapi ada satu kelemahan dari CDI ini yaitu CDI tidak mampu melakukan pekerjaan "membuka dan menutup " secara baik . Akibatnya pengapian pada busi menjadi kecil , dibanding jika menggunakan platina . Gampangnya , CDI kurang profesional dalam melakukan pekerjaan membuka dan menutup pada pengapian sepeda motor . Maka daripada itu sekarang bermunculan CDI - CDI Racing untuk sepeda motor , dalam rangka memperbaiki kinerja CDI .

Seperti telah saya ungkapkan di atas bahwa tidak semua karakter mesin sepeda motor sama , makanya sebelum Anda membeli pastikan dahulu apakah karakter dari CDI racing tersebut memang menunjang untuk kemampuaan mesin Anda . Jangan sampai sepeda motor Anda bertambah kencang , tapi sebulan kemudian turun mesin karena mesin menjadi terlalu panas . Kenapa terlalu panas ? Karena pengapian Anda besar , maka hasil pembakaran menjadi sangat - sangat sempurna dan besar sekali , tapi logam blok mesin , piston , dan komponen - komponen mesin lainnya tak kuat pada suhu mesin itu - akibatnya terjadi pemuaiaan yang berlebihan pada komponen - komponen mesin tersebut .


Saya tidak menyangkal bahwa CDI racing memang mampu mempercepat kemampuan sepeda motor Anda , tapi perhatikan juga kemampuan dan ketahanan dari komponen - komponen mesin yang lainnya . Jadi sebelum membeli CDI Racing sepeda motor , tanya terlebih dulu dengan detail dan cari informasi dulu sebanyak - banyaknya - apakah CDI Racing itu cocok untuk karakter mesin sepeda motor Anda .

Sekian pelajaran otomotif mengenai CDI sepeda motor . Saran saya belilah CDI sepeda motor yang standard saja untuk keperluan pemakain sepeda motor sehari - hari , tapi jika untuk balap silahkan Anda coba CDI Racing .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar